Contoh Pidato eksposisi

Ini kami bagikan untuk Contoh Pidato eksposisi untuk anda yang membutuhkan Contoh Pidato eksposisi tersebut yang kami sampaikan sangat lengkap sekali, sehingga anda bisa Contoh Pidato eksposisi yang kami sampaikan dibawah ini sehingga bisa bermainfaat buat anda dan teman-teman anda yang memang membutuhkan semangat didalam kehidupan mereka karena untuk Contoh Pidato eksposisi adalah salah satu aspirasi yang ditunjukkan untuk semua orang sehingga orang yang mendengar Contoh Pidato eksposisi bisa mengerti dan faham tentang isi ari Contoh Pidato eksposisi tersebut.

Memang membuat Pidato harus ada pertimbangan dan sesuai dengan adat istiada juga karena melenceng sedikit saja saat anda melakukan Pidato tersebut maka akan menjadi masalah sangat besar sekali dan dipastikan anda akan dimusuhi dan juga diadili, untuk itu membuat Pidato harus dengan pertimbangan matang dikarenakan anda akan membacakan didapan umum dan banyak sekali orang yang mendengarkan pidato tersebut.

Dengan hal itulah admin akan sampaikan selengkapnya kepada anda tentang Contoh Pidato eksposisi tersebut dibawah ini tentunya semoga bisa menjadi bermanfaat untuk anda yang ingin sekali membuat Contoh Pidato eksposisi yang sama  dengan Contoh Pidato eksposisi ini.

CONTOH PIDATO EKSPOSISI EKONOMI DAN POLITIK

“EKONOMI”

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh
Yang terhormat Bapak Guru
Yang saya banggakan teman – teman semua

Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua

Pertama – tama marilah kita panjatkan segala puji syukur kita kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat-Nya kita masih dapat dipertemukan di ruangan ini dalam keadaah sehat tanpa suatu kekurangan apapun.

Bapak Guru dan teman – teman semua, pada kesempatan yang baik ini perkenankanlah saya mengajak Bapak Guru serta teman – teman semua untuk selalu menjaga kesehatan tubuh kita karena dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan aktivitas kita dengan baik pula.

Bapak Guru dan teman-teman semua, saya berdiri didepan kelas ini karena disini saya akan membacakan sebuah pidato yang bertema “Ekonomi Indonesia”.

Ekonomi Indonesia

Ekonomi rakyat adalah “kegiatan ekonomi rakyat banyak” . Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan atau peternak besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya.

Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”.“Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumberdaya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumberdaya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya.

“Oleh rakyat”, berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan menentukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya.

“Untuk rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama dari setiap kegiatan produksi dan konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kemantaatan paling utama adalah kepentingan rakyat.

Dalam hal ini perlu pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat dapat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi dapat dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk, sifat usaha, permodalan, dan sebagainya. Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.

Dapat dinyatakan bahwa ekonomi Indonesia sebenarnya adalah berbasis ekonomi rakyat. Ekonomi rakyat (banyak) mencakup 99 % dari total jumlah unit usaha (business entity), menyediakan sekitar 80 % kesempatan kerja, melakukan lebih dari 65 % kegiatan distribusi, dan melakukan kegiatan produksi bagi sekitar 55 % produk dan jasa yang dibutuhkan masyarakat, 60 % diantaranya berada di daerah pedesaan, 65 % berusaha dibidang pertanian dan kegiatan lain yang terkait, dan menjadi basis dari 63 % konsumsi domestik, serta tersebar merata diseluruh wilayah Indonesia.

Mungkin hanya ini pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf karena saya pun hanya manusia biasa yang pasti punya kekurangan ataupun kesalahan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

“POLITIK”

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wa barakaatuh
Yang terhormat Bapak Guru
Yang saya banggakan teman – teman semua

Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua

Pertama – tama marilah kita panjatkan segala puji syukur kita kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat-Nya kita masih dapat dipertemukan di ruangan ini dalam keadaah sehat tanpa suatu kekurangan apapun.

Bapak Guru dan teman – teman semua, pada kesempatan yang baik ini perkenankanlah saya mengajak Bapak Guru serta teman – teman semua untuk selalu menjaga kesehatan tubuh kita karena dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan aktivitas kita dengan baik pula.

Bapak Guru dan teman-teman semua, saya berdiri didepan kelas ini karena disini saya akan membacakan sebuah pidato yang bertema “Salah satu Kasus Korupsi di Indonesia”.

Salah Satu Kasus Korupsi di Indonesia

Setelah berbulan-bulan menyandang status tersangka korupsi, akhirnya mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum ditahan pihak KPK pada Jumat, 10 Januari 2014.Seperti saat mengundurkan diri dari posisi Ketua Umum Partai Demokrat pada Februari 2013 lalu, Anas juga memberikan pidato dalam penahanannya pada hari ini.

Dalam pidato penahanannya ini, Anas terkesan menyampaikan tentang kelanjutan ‘Perang Terbuka’ dengan Susilo Bambang Yudhoyono, sebagaimana pesan yang tersiratkan saat Anas menyampaikan pidato saat mengundurkan diri sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

Saat itu, Anas mengatakan, penetapan tersangka dirinya oleh KPK tak terlepas dari beberapa peristiwa politik, termasuk pidato SBY selaku Presiden dan Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, yang menginginkan kejelasan status hukum Anas.

Dan dalam pidato penahanannya hari ini, Anas menyampaikan terima kasih kepada Susilo Bambang Yudhoyono. Anas berharap penahanannya ini menjadi kado Tahun Baru 2014.

Di hadapan ratusan wartawan yang meliput di depan kantor KPK, Anas menegaskan dirinya akan memberikan pernyataan lanjutan terkait perkaranya. “Yang lain-lain nanti saja,” ucap Anas dengan mengenakan rompi ‘Tahanan KPK’ berwarna oranye.

Berikut pidato lengkap Anas Urbaningrum terkait penahanannya:

“Jadi, teman-teman sekalian, hari ini …, hari ini saya menjalani pemeriksaan. Dan hari ini juga per jam 18.00 WIB tadi saya dinyatakan ditahan.

Ini adalah hari yang bersejarah buat saya. Dan insya Allah hari ini adalah bagian yang penting untuk saya menemukan keadilan dan kebenaran

Yang kedua, saya berterima kasih karena hari ini ditahan. Yang tanda tangan adalah Pak Abraham Samad, terima kasih kepada Pak Abraham Samad.

Ketiga, terima kasih para penyidik. Yang hari ini memeriksa saya adalah Pak Endang Karsa dan Pak Bambang Sukotjo. Terima juga pada Tim Penyelidik yang dulu dipimpin oleh Pak Heri Muryanto dan juga yang lain-lain.

Di atas segalanya tentu saya terima kasih yang besar pada Pak SBY. Mudah-mudahan peristiwa ini punya arti, punya makna, dan menjadi hadiah Tahun Baru 2014. Yang lain-lain nanti saja.

Yang saya yakin adalah, bahwa ketika kita berjuang tentang kebenaran dan keadilan, saya yakin betul ujungnya kebenaran akan menang.

Mungkin hanya ini pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf karena saya pun hanya manusia biasa yang pasti punya kekurangan ataupun kesalahan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Pidato eksposisi