Contoh Pidato dasawisma

Ini kami bagikan untuk Contoh Pidato dasawisma untuk anda yang membutuhkan Contoh Pidato dasawisma tersebut yang kami sampaikan sangat lengkap sekali, sehingga anda bisa Contoh Pidato dasawisma yang kami sampaikan dibawah ini sehingga bisa bermainfaat buat anda dan teman-teman anda yang memang membutuhkan semangat didalam kehidupan mereka karena untuk Contoh Pidato dasawisma adalah salah satu aspirasi yang ditunjukkan untuk semua orang sehingga orang yang mendengar Contoh Pidato dasawisma bisa mengerti dan faham tentang isi ari Contoh Pidato dasawisma tersebut.

Memang membuat Pidato harus ada pertimbangan dan sesuai dengan adat istiada juga karena melenceng sedikit saja saat anda melakukan Pidato tersebut maka akan menjadi masalah sangat besar sekali dan dipastikan anda akan dimusuhi dan juga diadili, untuk itu membuat Pidato harus dengan pertimbangan matang dikarenakan anda akan membacakan didapan umum dan banyak sekali orang yang mendengarkan pidato tersebut.

Dengan hal itulah admin akan sampaikan selengkapnya kepada anda tentang Contoh Pidato dasawisma tersebut dibawah ini tentunya semoga bisa menjadi bermanfaat untuk anda yang ingin sekali membuat Contoh Pidato dasawisma yang sama  dengan Contoh Pidato dasawisma ini.

Assalamu ‘Alaikum Wr. Wb.

Selamat Pagi Ibu…?  Apa pagi hari ini ibu-ibu masih semangat..? masih ….? Jika ibu-ibu masih semangat, tentunya saya lebih semangat lagi.
Bapak ibu sekalian,
Sebelumnyaperkenalkan nama saya ibu suparmi dari kabupaten sarolangun. Yang mana pada hari ini bertugas memberikan penyuluhan tentang PHBS. PHBS itu Apa …? Yaitu sekumpulan perilaku kesehatan yang dilakukan atas dasar kesadaran diri, sehingga menolong dirinya di bidang kesehatan dan seperti yang sudah saya bagikan kepada ibu-ibu semua, itu adalah kesepuluh indikator PHBS. Sebenarnya alat peraga ini sangat sederhana  ya bu, hanya terbuat dari kardus bekas dan tusuk sate, tapi dari barang bekas tersebut, kita bisa mengambil manfaatnya untuk berbagi ilmu tentang 10 indikator PHBS.
Tolong Bapak ibu yang memegan No 1 Sebutkan
1.    Persalinan oleh bidan
2.    Memberi ASI ekslusif
3.    Menimbang Balita setiap bulan
4.    Menggunakan air bersih
5.    Mencuci tangan dengan air dan sabun
6.    Menggunakan jamban sehat
7.    Memberantas jentik setiap minggu
8.    Makan buah dan sayuran
9.    Aktivitas fisik sehari-hari
10. Tidak merokok di dalam rumah.
BERSALIN DENGAN BIDAN
Bapak / ibu sekalian, mengapa persalinan harus di tolong oleh tenaga kesehatan? Karna tenaga kesahatan adalah orang yang sudah ahli dalam membantu persalinan. Sehingga keselamatan ibu dan bayi lebih terjamin. Selain itu, apabila terdapat kelainan pada persalinan, dapat seger di rujuk kerumah sakit atau puskesmas terdekat. Persalinan oleh tenaga kesehatan juga lebih steril bu, karna menggunakan alat yang aman. Dan terjaga kebersihanya.
Pemerintah sedang mengalakan GSI, atau Gerakan Sayang Ibu dimana gerakan itu bertujuan untuk mengurangi angka kematian pada bayi dan ibu melahirkan.
Karna menurut penelitian, indonesia adalah peringkat 10 besar diamana banyak kejadian  bayi dan ibu melahirkan meninggal. Itu sungguh bukanlah merupakan suatu prestasi yang membanggakan maka dari itu, hendaklah kita bersama-sama bergandeng tangan untuk selalu mengingatkan ibu-ibu hamil agar memiliki no handphone bidan desa, kenapa no handphone? Karna dengan memiliki no handphone tenaga kesehatan, para ibu hamil akan mudah dalam menjalin komunikasi bahkan pada saat terpenting dalam melakukan persalinan no handphone bidan lah yang harus pertama kali di hubungi.
Bapak ibu sekalian, bagi ibu yang sudah pernah melahirkan tentu sudah hafal betul bagaimana  itu tanda-tanda persalinan.
-          Ada mulas, rahim kencang bila di raba
-          Keluar lendir bercampur darah, Ketuban
-          Dan yang pasti, sebentar bentar terasa ingin buang air besar.
Nah, bila salah satu tanda itu sudah ada, maka bapak siaga harus segera mengambil handphone, dan menghubungi bidan terdekat, mintalah sang istri untuk tetap tenang dan tidak panik. Suruhlah sang istri untuk tarik nafas dari hidung dan keluarkan lewat mulut. Tarik nafas dan buang nafas, itu dapat mengurangi rasa sakit yang memang umum di rasakan setiap istri sebelum dia menjadi ibu.\
Dan bahaya persalinan yang perlu di waspadai adalah
-          Bayi tidak lahir dalam 12 jam sejak terasa mulas
-          Pendarahan sebelum melahirkan
-          Sang ibu tidak kuat mengejan
-          Sang ibu mengalami kejang
-          Bocor air ketuban
-          Ketuban bau dan keruh
-          Ari-ari tidak keluar
Nah, jika salah satu tanda berbahaya itu ada pada ibu bersalin, maka biarlah penangananya kita serahkan kepada orang yang sudah ahli, yaitu bidan ataupun dokter.
Dan sebagai pesan bermakna, Allah begitu sempurna menciptakan manusia yang dengan segala ke agunganya, mampu membuat dunia penuh dengan canda tawa seorang bayi, karna pelu ibu bapak ketahui, bersamaan dengan lahirnya seorang bayi, Allah juga melahirkan seorang ibu.
Bapak ibu sekalian, kiranya sudah mengerti apa-apa yang sudah saya jelaskan ? jika ada yang belum mengerti, saya memberikan kesempatan kepada hadirin untuk bertanya.
Baik jika tidak ada pertanyaan, saya sangat berharap bahwa ibu. Bapak sudah mengerti. Dan saya berpesan, agar apa-apa yang sudah saya jelaskan, bisa kiranya disampaikan lagi kepada orang lain yang tidak bisa hadir di ruangan ini. Agar ilmu bermanfaat ini, benar-benar berjalan seperti apa yang semua kita harapkan, dan mari ibu-ibu kita rangkum 10 indikator PHBS tersebut dengan sebuah nyanyian  =……….
Pantun :
Paling Enak Minum ES
Apalagi di siang hari
Mari mulai berPHBS
Dimulai dari kita sendiri
Setuju ibu? Setuju ? Luar biasa……

Akhir salam wallahum muwafiq ila aqwamitoriq wassalamu’alaikum wr.wb

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Pidato dasawisma